Latar Belakang
Organisasi bertanggung jawab untuk
meminimalkan risiko bahaya kepada orang yang mungkin terkena dampak dari
kegiatan mereka ( misalnya para pekerja, manajer, kontraktor, atau
pengunjung ), dan terutama jika mereka terlibat dengan organisasi untuk
melakukan kegiatan tersebut sebagai bagian dari “pekerjaan” harian
mereka.
Menurut perkiraan oleh Organisasi
Perburuhan Internasional (ILO), ada 2,34 juta kematian pada tahun 2013
akibat dari aktivitas kerja. Sebagian besar (2 juta) berhubungan dengan
masalah kesehatan. Institut Keselamatan dan Kesehatan (IOSH)
memperkirakan ada 660.000 kematian per tahun akibat kanker yang timbul
dari aktivitas kerja.
ISO sedang mengembangkan system manajemen ISO 45001
untuk kesehatan dan keselamatan kerja (OH&S). Standar ini
memungkinkan organisasi untuk mengelola risiko OH&S dan meningkatkan
kinerja OH&S mereka. Penerapan sistem manajemen OH&S akan
menjadi keputusan yang strategis bagi suatu organisasi yang dapat
digunakan untuk mendukung inisiatif keberlanjutan, memastikan orang
bekerja lebih aman dan sehat dan meningkatkan profitabilitas pada saat
yang sama.
CATATAN : Istilah keselamatan dan
kesehatan kerja (“OSH”) terkadang sering digunakan kesehatan dan
keselamatan kerja ( “OH&S” ).
Kegiatan organisasi dapat menimbulkan
risiko cedera atau gangguan kesehatan, dan dapat mengakibatkan gangguan
serius bagi kesehatan, atau bahkan kematian. Oleh karena itu penting
bagi organisasi untuk menghilangkan atau meminimalkan resiko OH&S
dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Sistem manajemen
OH&S dapat menerjemahkan mencegah insiden menjadi satu set
sistematis dan berkelanjutan dari proses ( didukung oleh penggunaan
metode yang tepat dan alat-alat ) dan dapat memperkuat komitmen
organisasi untuk secara proaktif meningkatkan nya.
Hal ini logis bahwa mereka yang bekerja
paling dekat dengan resiko OH&S akan memiliki pengetahuan tentang
hal itu. Dengan demikian, partisipasi pekerja dalam pembentukan,
pelaksanaan dan pemeliharaan sistem manajemen OH&S dapat memainkan
peran penting dalam memastikan bahwa risiko dikelola secara efektif. ISO
45001 menekankan perlunya partisipasi pekerja dalam fungsi sistem
pengelolaan pemerintah OH&S, serta mengharuskan organisasi
memastikan bahwa pekerja kompeten untuk melakukan tugas-tugas mereka
ditugaskan aman.
Apa itu ISO 45001 ?
ISO 45001 adalah standar internasional
yang menetapkan persyaratan untuk kesehatan dan keselamatan kerja (
OH&S ) sistem manajemen, dengan panduan untuk penggunaannya, untuk
memungkinkan suatu organisasi untuk secara proaktif meningkatkan nya
OH&S kinerja dalam mencegah cedera dan gangguan kesehatan.
ISO 45001 ini dimaksudkan untuk dapat
diterapkan untuk setiap organisasi terlepas dari ukuran, jenis dan
sifat. Semua persyaratan dimaksudkan untuk diintegrasikan ke dalam
proses manajemen organisasi sendiri.
ISO 45001 memungkinkan suatu organisasi,
melalui sistem manajemen OH&S -nya, untuk mengintegrasikan
aspek-aspek lain dari kesehatan dan keselamatan, seperti pekerja
kesehatan / kesejahteraan; Namun, perlu dicatat bahwa suatu organisasi
dapat diminta oleh persyaratan hukum yang berlaku untuk juga mengatasi
masalah tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar