Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung

Rabu, 26 Agustus 2015

Penemu Handphone Blackberry - Mike Lazaridis

Tentunya kamu pasti mengetahui smartphone  yang sangat terkenal di dunia yang bernama Blackberry bukan? Ya, Blackberry adalah sebuah nama smartphone dan juga sistem operasi sangat populer di dunia selain Android, IOS dan Windows Phone. Dan yang membuat OS Blackberry populer adalah sebuah aplikasi bawaan Blackberry yang bernama BBM (Blackberry Messenger) yang merupakan aplikasi andalan dari Blackberry yang banyak digunakan untuk bertukar pesan. Aplikasi BBM tersebut adalah aplikasi yang sangat populer, namun sekarang untuk para pengguna smartphone yang menggunakan OS (Sistem Operasi) Android maupun IOS Iphone dapat juga menggunakannya.
Penemu Handphone Blackberry - Mike Lazaridis
Mike Lazaridis
  Profil Penemu Handphone Blackberry - Mike Lazaridis  
Mungkin bagi sebagian para pengguna Operasi Sistem (OS) Blackberry ini belum mengetaui siapa penemu dari OS (Operasi Sistem) yang mereka pakai. Penemu Handphone Blackberry bernama Mike Laziridis. Nama yang unik bukan? Dia adalah seorang jenius dan dia memiliki inovasi yang sangat peka terhadap kesuksesan Blackberry yang menguasai pasaran smartphone di Indonesia sebelum digeser oleh samsung dan apple. Tentunya nama Mike Laziridis ini bukanlah nama aslinya. Nama asli dari Mike adalah Mihalis Lazaridis. Dia adalah seorang keturunan Yunani yang lari pada tanggal 14 Maret 1961 di Turki.

Hal yang sangat mencengangkan terjadi pada kehidupan Mike Laziridis saat dia masih berumur 12 tahun. Dia mendapatkan kemenangan atas hadiah dari salah satu perpustakaan umum di kota pindahannya yang bernama Windsor karena Mike telah membaca semua buku kategori sains di perpustakaan tersebut. Memang Mike sudah gemar membaca pada saat dia masih berumur 5 tahun. Di usia tersebut Mike dan keluarganya pindah dari Turki menuju Kanada dan menetap di kota Windsor, Ontario.

Pada tahun 1979, Mike mulai kuliah di sebuah Universitas di Ontario yang bernama Waterloo. Namun sayang dia akhirnya di DO atau di Drop Out atau dikeluarkan dari Universitas tersebut. Dia masuk ke Universitas Waterloo tersebut karena kecintaannya pada dunia elektronik, hal ini dibuktikan dengan memenangkan lomba tender teknologi dengan hadiah sebesar $500 ribu yang merupakan angka yang cukup besar ketika itu yang diadakan oleh perusahaan otomotif terbesar General Motor. Dibangku kuliah pula, Penemu OS Blackberry yakni Mike Lazaridis mendirikan sebuah perusahaan yang bernama RIM (Research in Motion) yang kini dikenal sebagai vendor dari Handset dengan OS Blackberry, karena kesibukannya dalam mengembangkan perusahaan itu kemudian ia memilih berhenti dari kuliahnya.

Di Research In Motion atau RIM, Mike Lazaridis kemudian membuat sebuah pager dua arah, dimana pager ketika itu merupakan alat komunikasi yang paling banyak digunakan sebelum digeser oleh handphone hasil temuan Martin Cooper. Pager buatan mike lazaridis ini adalah hasil kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi lainnya seperti erickson dan juga RAM Mobile Data namun pager buatannya ini kalah bersaing dengan pager buatan motorola yang sudah terlebih dahulu mendominasi perangkat komunikasi ketika itu. 
Penemu Handphone Blackberry - Mike Lazaridis
Handphone Blackberry
Membuat Gadget dan OS bernama Blackberry
Kegagalan dalam membuat Pager inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya OS Blackberry yang terkenal. Mike Lazaridis yang kini dikenal sebagai penemu dari OS Blackberry ini kemudian mulai melakukan pembenahan dan menetapkan target baru yaitu dengan lebih berkonsentrasi dengan pengembangan sebuah alat yang lebih menekankan pada pertukaran informasi dan data yang aman sehingga dari usahanya ini kemudian lahirlah handphone yang memiliki OS Blackberry. Gadget buatan Mike Lazaridis ini terbilang cukup bagus karena memiliki fitur seperti handphone kebanyakan yaitu SMS, Telepon dan pertukaran data, geneasi gadget Blackberry selanjutnya kemudian sudah dibekali dengan fitur push email. 

Meskipun gadget buatan Mike Lazaridis ketika itu sangat fenomenal namun ia belum mempunyai nama yang pas untuk gadget buatannya ketika itu. Mike Lazaridis kemudian memberikan nama Blackberry yang kini dikenal di masyarakat dengan menggunakan logo berbentuk huruf B. Dari situ kemudian melalui perusahaanya yaitu RIM, Mike Lazaridis berhasil mengembangkan gadget Blackberry hingga mampu bertahan sampai saat ini. Mike Lazaridis memiliki posisi sebagai CO CEO Research di Motion. Karena kejeniusan dia dan juga kerja kerasnya, dia memiliki kekayaan yang pasti bikin kita bilang "wow" yaitu 2.92 miliar USD pada tahun 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar