Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung

Minggu, 16 Agustus 2015

Solusi dan Inovasi dari Permasalahan Lingkungan Hidup yang Berkaitan dengan Ilmu Ke-Teknik-An

Artikel ini saya buat dalam rangka memenuhi tugas APMB teknik USU 2015. :)

            Hai para mahasiswa baru dan kakak senior sekalian kali ini saya menulis artikel tentang "Solusi dan Inovasi dari Permasalahan Lingkungan Hidup yang Berkaitan dengan Ilmu Ke-Teknik-An". Pertambahan penduduk Indonesia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun merupakan salah satu contoh pemasalahan lingkungan hidup. Kenapa saya bilang begitu?? Dengan pertambahan penduduk berarti bertambahnya kebutuhan penduduk dalam tempat tinggaal, air bersih, kebutuhan sandang dan pangan,transportasi, pekerjaan dan lain-lain. Dengan permasalahan tersebut, kita memerlukan "Ilmu ke-Teknik-an" untuk membantu.Ilmu ke-Teknik-an adalah ilmu yang mempelajari tentang penerapan dan cara menyelesaikan suatu masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia.Teknik Kimia,Teknik Industri,Teknik Elektro,Teknik Mesin,Teknik Lingkungan,Teknik Sipil, dan lain-lain merupakan suatu ilmu ke-teknik-an yang saling berkaitan. Kita memerlukan semuanya untuk solusi dan inovasi permasalahan lingkungan.


           Misalnya masalah tempat tinggal, kita memerlukan bantuan dari Ilmu Anak Teknik Sipil untuk memecahkan masalah tempat tinggal. Ilmu Anak Teknik Sipil berguna untuk membangun suatu tempat tinggal yang tidak memerlukan lahan yang luas tetapi cukup untuk banyak penduduk Indonesia. Masalah lampu dan air kita memerlukan Ilmu Anak Teknik Elektro dan Ilmu Teknik Kimia. Masalah Listrik kita dapat menjagokan Anak Teknik Elektro.Teknik Elektro merupakan suatu ilmu yang erat hubungannya dengan pelajaran fisika sehingga ilmu tersebut sangat cocok untuk mengatasi permasalahan listrik di indonesia .Masalah Air kita dapat menjagokan Anak Teknik Kimia.Di dalam Teknik Kimia yang erat hubungannya dengan pelajaran kimia sangat diperlukan untuk mengatasi masalah air di Indonesia. Musim kemarau dan krisis air bersih merupakan tantangan terbesar yang terjadi di Indonesia. Tapi tenang Anak Teknik Kimia sudah mendapat suatu inovasi bagaimana mengatasinya. Mengubah air laut menjadi air yang siap di minum yang sudah dikelola secara teliti merupakan suatu ide yang dihasilkan oleh Ilmu Anak Teknik Kimia.Masalah Trasnportasi kita dapat menjagokan Ilmu Anak Teknik Mesin. Anak Teknik Mesin yang bekerja menghasilkan inovasi bagaimana menghasilkan suatu alat trasnportasi yang beguna bagi masyarakat banyak sehingga setiap kalangan masyarakat dapat memilikinya. Tujuan transportasi adalah untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

          Masalah Pekerjaan dan Sandang dan Pangan dapat kita jagokan Ilmu Anak Teknik Industri. Saya sendiri merupakan Anak Teknik Industri :). Teknik Indsutri merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana membangun suatu pabrik dengan dana dan karyawan sedikit tapi bisa menghasikan suatu keuntungan yang besar.Teknik Industri juga mempelajari tentang efisiensi waktu dan penggunaan alat produksi agar bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan harganya dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Anak Teknik Industri dapat membantu mengatasi masalah kekurangan lapangan pekerjaan dengan cara membuka lapangan pekerjaan.Masalah sandang dan pangan kita dapat atasi dengan memenuhi kebutuhan penduduk dengan menghasilkan banyak produk berkualitas dan harganya pas dengan pendapatan masyarakat.
         Tetapi tidak ketinggalan kita memerlukan bantuan Ilmu Anak Teknik Lingkungan yang dapat mengatasi masalah lingkungan. Teknik Lingkungan adalah ilmu yang menerapkan pemikiran dan cara memenejemen untuk memelihara lingkungan hidup. Sampah-sampah, polusi, udara,penebangan hutan secara liar dan masalah lingkungan lainnya merupakan suatu tugas Anak Teknik Lingkungan untuk mencegah hal tersebut menjadi parah. Sosialisasi dan adanya rasa peduli terhadap lingkungan merupakan suatu solusi dan inovasi yang dilakukan Anak Teknik Lingkungan terhadap masyarakat. Apalagi dengan bertambahnya jumlah penduduk berarti sosialisasi harus ditingkatkan lagi oleh Anak Teknik Lingkungan.

         Dengan begitu pentinglah Ilmu Teknik dalam permasalahan lingkungan hidup.Semua diciptakan dengan teknik,dijalankan menggunakan teknik,dan terselesaikan melalui teknik.



Semoga ini dapat bermanfaat :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar