Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung

Rabu, 26 Agustus 2015

Penemu Hardisk - Reynold B. Johnson

Tahukah Kamu Siapa Penemu Hardisk, Dia Adalah Reynold B. Johnson - Punya laptop? Atau punya notebook? Atau kamu punya komputer? Tentunya ketiga perangkat tersebut adalah perangkat yang di jaman sekarang banyak orang yang sudah memilikinya. Biasanya untuk bekerja, bermain game, atau hanya sekedar pamer-pamer saja. Dan pasti di perangkat tersebut (Laptop atau Komputer atau Notebook atau netbook) kamu menyimpan file bukan? Di mana kamu menyimpan file tersebut? Di Flashdisk? Tentu biasanya tidak, karena kebanyakan orang menyimpan file di komponen penyimpan yang bernama Hardisk yang merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah komputer.
Penemu Hardisk - Reynold B. Johnson
Reynold B. Johnson
Dan Hardisk di jaman sekarang ini memiliki kapasitas yang sangat besar, ada yang 500GB (Lima Ratus Gigabyte), bahkan ada yang 1TB (Satu Terabyte atau sekitar seribu Gigabyte). Penemu atau pencipta Hardisk ini bernama Reynold B. Johnson. Dia adalah seorang guru matematika yang lahir di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat, tahun 1906. Lalu bagaimana sih kenapa ada Hard Disk di dunia ini? Reynold B. Johnson ini ‘kan seorang guru Matematika, dan kita tau semua bahwa mata pelajaran Matematika ini sangat lah membuat kita pusing tujuh keliling. Sehingga Reynold B. Johnson mencari cara agar rumus-rumus Matematika ini dapat dengan mudah di pahami oleh para murid muridnya.

Asal muasalnya adalah ketika ada dua orang murid Reynold B. Johnson yang tertangkap basah mencuri radio. Nah Reynold B. Johnson memberikan mereka berdua hukuman dengan membuat sebuah eksperimen, dan hasilnya adalah mesin Multiple Choice. Kemudian setelah si Reynold B. Johnson di pecat,dia meluangkan waktunya untuk mengembangkan karya dari dua muridnya tadi, yaitu Multiple Choice.

Dia mengembangkan mesin tersebut di laboratorium IBM di Columbia University dan Endicott. Setelah berkembang waktu demi waktu, akhirnya Reynold B. Johnson berhasil menemukan tempat penyimpanan data digital pertama di dunia atau biasa juga disebut dengan Hardisk. Hardisk temuan Reynold Johnson ini dalam bentuk Cakram keras yang terdiri dari 50 piringan dengan ukuran 2 kaki (0,6 meter) dimana kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute). Taukah kamu Hard Disk tersebut hanya bisa menyimpan berapa size? Hanya 5MB dan ketika itu bentuk hardisk sangat besar sekali dibanding hardisk seperti sekarang,
Penemu Hardisk - Reynold B. Johnson
Bentuk Hardisk Pertama Temuan Reynold Johnson 
Penemu Hardisk - Reynold B. Johnson
Bentuk Hardisk sekarang
Namun, tanpa adanya Hardisk 5MB tersebut, Hard Disk 500GB, 1TB di dunia ini takkan ada. Sekarang berkat si penemu atau pencipta hardisk yaitu Reynold B. Johnson, Hardisk terus berkembang sampai sekarang. Hardisk hingga muncul sebuah hardisk jenis baru yang disebut sebagai SSD (Solid State Drive) yang memiliki kecepatan lebih dari hardisk biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar