Selamat Berkunjung

Selamat Berkunjung

Kamis, 28 April 2016

Cara Mudah Merawat Mata Tetap Sehat

mata kabur

Kesehatan mata tidak bisa diremehkan. Indera penglihatan yang terjaga sampai tua akan membantu berbagai aktivitas. Mata adalah jendela dunia. Oleh sebab itu, setiap orang perlu memanjakannya dengan beragam nutrisi dan mencegahnya dari segala sesuatu yang bisa merusak atau menurunkan fungsinya.

Dikutip dari laman Republika, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mata selalu sehat. Berikut di antaranya:

Mengonsumsi makanan yang dikonsumsi kelinci. Misalnya adalah wortel dan sayuran hijau. Dalam berbagai jenis sayuran ini terkandung asupan vitamin A cukup tinggi. Vitamin ini dikenal berpengaruh dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, sayuran memiiki kandungan antioksidan yang dapat mencegah mata terkena degenerasi makula hingga kanker.

Jauhi rokok. Rokok tidak hanya akan merusak paru-paru. Orang yang merokok lebih mungkin mengalami degenerasi makula atau kerusakan sel di makula retina empat kali lebih besar dari mereka yang tidak merokok. Perokok juga berpeluang mengalami katarak sampai tiga kali lipat. Racun rokok mampu meningkatkan tekanan darah sehingga memicu pula sakit jantung, stroke, hingga kerusakan ginjal.

Kenakan kacamata hitam. Kacamata hitam terutama yang sudah dilengkapi dengan lapisan anti ultraviolet akan mencegah mata dari buruknya sinar tersebut. Kacamata khusus ii dapat memflter jenis ultraviolet A dan B sampai hampir 100 persen.

Lakukan skrining mata. Tes mata perlu pula dilakukan secara rutin seperti halnya memeriksakan gigi. Periksakan mata ANda setidaknya satu tahun sekali ke dokter spesialis mata. Salah satu tes mata yang cukup disarankan yaitu pemeriksaan dini terhadap glaucoma yang gejalanya sering tidak disadari.

Gunakan kacamata pelindung untuk aktivitas yang berisiko merusak mata. Misalnya saat mengelas, memakai senjata api, hingga menggerinda sebaiknya memakai kacamata khusus yang telah didesain untuk pekerjaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar